Headlines News :
Home » » LIBERALISASI PENDIDIKAN

LIBERALISASI PENDIDIKAN

Written By Unknown on Jumat, 19 April 2013 | 03.40


Pamulang, 20 februari 2010
TENTANG
LIBERALISASI PENDIDIKAN AWAL  DARI KEHANCURAN BANGSA

       DIdalam pembukaan Undang-undang dasar  1945 sudah jelas disebutkan bahwa salah satu tujuan Negara Republik  Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun bila kita mempehatikan orentasi institusi-institusi pendidikan  baik swasta maupun negeri sekarang ini, sangatlah jauh dari  tujuan Negara Indonesia merdeka seperti yang tercantum dalam undang-undang  dasar 1945 tersebut.
APA YANG DIMAKSUD  DENGAN LIBERALISASI PENDIDIKAN………..?
Liberalisasi Pendidikan adalah sebuah sistem yang sengaja diciptakan oleh kalangan Pemodal untuk mengeruk keuntungan yang sebanyak-banyaknya dari instusi Pendidikan tersebut, tanpa melihat tercapai atau tidak tujuan negara repoblik  indonesia sperti yang tercantum  dalam Pembukaan Undang-Undang dasar 1945.
MENGAPA PENDIDKAN DILIBERALISASI DIINDONESIA…..?

Mengapa Pendidikan Diliberalisasi  Bila kita berbicara pendidikan sudah tentu merupakan instusi yang  sangat independent terbebas dari ruang-ruang berbagai macam politik praktis, sehingga dapat mewujudkan tujuan Negara Indonesia, karena yang  berperan membangun kecerdasan Bangsa didalam suatu Negara  adalah institusi-institusi pendidikan, baik dari tingkaat  TK maupun  ke tingkat perguruan tinggi. Sebagaiman kita ketahui bersama hanya Bangsa yang cerdaslah yang sanggup mandiri untuk mengelolah kekayaan  tanah air dan negaranya sendiri. mengingat  bumi Indonesia  yang subur dan kaya  dengan berbagai sumber  daya alam yang membuat Negara-negara  di dunia ini berlomba-lomba yang ingin mengasai Indonesia dengan berbagai cara dan system yang dilakukan, termasuk dalam bidang institusi pendidikan. Hal inilah yang mendorong kita  sebagai mahasiswa  untuk lebih kritis dan teliti. Bila kita jeli dalam memperhatikan dan meneliti  di lingkngan kampus, kita dapat merasakan dampak system liberalisasi pendidikan terhadap budaya sosial di tengah masyarakat  kampus kita sendiri. adapun dampak yang perlu kita perhatikan di kalangan mahasiswa sendiri, merebaknya pandangan  hendonisme, fasisme dan apatisme  di tengah masyarakat kampus. Bila kita yang membaca, bolehlah mencantumkan prediksi para ahli sosiologi  wajah bangsa Indonesia  ditahun 2020 adalah bangsa pekerja atau bangsa budak yang disuruh-suruh . semua yang nama sarjana tidak lagi memiliki kemandirian dansemua menggantungkan diri pada perusahan-perusahan yang bermodal asing. Apakah kita ini juga salah satunya. Marilah kita Tanya pada pikiran dan nurani kita masing-masing.

BAGAIMANA MELAWAN LIBERALISASI PENDIDIKAN…….?
     Bila kita memperhatikan Institusi pendidikan dari tingkatan  Taman Kanak-Kanak sampai ketingkat Sekolah Menengah Atas, dibentuknya Komite Sekolah bertujuan untuk mengontrol dan memperhatikan kinerja Institusi pendidikan dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Tetapi bila kita memperhatikan lagi ditingkat Perguruan tinggi kita akan menemukan banyak sekali kejanggalan-kejanggalan didalam lembaga-lembaga Kemahasiswaan. Ada beberapa bidang yang sering menjadi kejangalan yang tidak luput dari pandangan kami :
1.       Masalah kedudukan Lembaga Kemahasiswaan (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang seyogianya dibawah naungan institusi pendidikan seperti perguruan tinggi, dibimbing dan dibina oleh Purek III bidang Kemahasiswaan dengan menunjuk dosen-dosen difakultas sebagai pengganti dalam menjalankan Lembaga Kemahasiswaan sehari-hari.
2.       Masalah ketidak sanggupan Mahasiswa dan para dosen untuk Membedakan Lembaga Kemahasiswaan (Unit Kegiatan Mahasiswaan) yang dinaungi Kampus dan Lembaga kemahasiswaan yang berbentuk Ormas.
3.       Masalah perhatian dan tanggung Jawab Institusi Pendidikan seperti perguran tinggi terhadap Lembaga Kemahasiswan secara Moril maupun Materil.
Selayaknya Mahasiswa sudah Semestinya Memperhtikan Hal-Hal seperti ini, serta mencoba mencari solusi-solusi terbaik untuk menjujung tinggi Independensi suatu Insetitusi Pendidikan. 

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Komando Strategi Mahasiswa Merdeka (KOSTUM MERDEKA) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger