Headlines News :
Home » » MENGUAK SITUASI INTERAKSI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS PAMULANG

MENGUAK SITUASI INTERAKSI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS PAMULANG

Written By Unknown on Kamis, 29 Mei 2014 | 08.30





I.     Dasar Pemikiran
       Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri dari beberapa fakultas. Setiap fakultas yang ada diperguruan tinggi umumnya dikelompokan berdasar disiplin ilmu yang telah terorganisir. Adapun tujuan pengelompokan disiplin ilmu tak lain untuk memudahkan penyelidikan suatu disiplin ilmu. Setiap fakultas dikepalai oleh ketua jurusan, yang dinamakan Ketua Program Studi (KAPRODI). Dalam menjalankan tugasnya seorang KAPRODI bertanggung jawab kepada Senator Akademis. Dalam setiap kebijakan yang dirumuskan tentang suatu disiplin ilmu oleh Senator Akademis, kemudian direkomendasikan oleh Dekan Fakultas, kemudian diserahkan oleh Pembantu Rektor II (Purek II) bidang akademik.
Namun yang terjadi dikampus kita tidak ada senator akademis, sehingga dalam implementasi proses birokrasi tidak terciptanya birokrasi akademik yang kondusif dalam suatu disiplin ilmu. Hal ini tentu sangat mengecohkan mahasiswa dan dosen dalam memahami suatu disiplin ilmu yang menjadi bidangnya. Berangkat dari dasar pemikiran inilah yang melatar belakangi penulis dalam membuat penulisan berjudul MENGUAK SITUASI INTERAKSI MAHASISWA DAN DOSEN DALAM BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS PAMULANG sebagai bahan pendiskusian bersama.
II.        Rumusan Masalah
            Penulis menemukan suatu masalah didalam proses belajar mengajar di Universitas Pamulang, antara lain sebagai berikut:
1.      Apa yang terjadi pada interaksi antara mahasiswa dan dosen didalam kelas?
2.      Bagaimana interaksi yang terjadi pada dosen di kampus saat proses belajar mengajar?
3.      Bagaimana interaksi yang terbentuk pada mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus Universitas Pamulang?
4.      Bagaimana hubungan antara mahasiswa dan dosen dalam menciptakan suasana kondusif disiplin akademik di Universitas Pamulang?
III.             Batasan Masalah
      Penulisan ini hanya memfokuskan pada hubungan antara mahasiswa dan dosen saat  proses belajar mengajar di Universitas Pamulang. Serta menjelaskan interaksi yang terjadi antara keduanya dalam menciptakan suasana kondusif disiplin akademik.
IV.             Tujuan Penulisan
      Adapun tujuan yang ingin penulis sampaikan dalam penulisan ini adalah:
1.      Sebagai bahan pendiskusian mahasiswa dalam meningkatkan cara berpikir dan mendorong partisipasi aktif di kalangan mahasiswa sebagai insan akademik.
 V.       Manfaat Penulisan
            Manfaat Teoritis
1.      Sebagai bentuk kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan mutu kualitas belajar mengajar dalam pembentukan disiplin akademis.
Manfaat Praktis
1.      Tulisan ini digunakan oleh mahasiswa untuk melatih menulis dan cara berpikir



II.   Pembahasan
Penulis mencoba memaparkan masalah umum yang terjadi di Universitas Pamulang yang berkenaan dengan proses belajar mengajar,  diantaranya:
1.         Apa yang terjadi pada interaksi antara mahasiswa dan dosen didalam kelas?
            Analisis:
            Kondisi interaksi antara mahasiswa dan dosen yang kondusif sangat penting untuk menunjang proses belajar mengajar di dalam kelas. Namun ketika proses belajar mengajar terkadang terhalang oleh sikap elit para dosen, sehingga menciptakan jurang pemisah antara mahasiswa dan dosen dalam membuat transparansi kejujuran dan kedisiplinan menjadi tidak terjaga. Sesungguhnya transparansi dan disiplin merupakan prinsip dasar menjadi seorang akademis.
            Interaksi antara mahasiswa dan dosen, khususnya difakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris terjalin dengan baik. Hal ini antara mahasiswa dan dosen selalu membangun pola komunikasi yang baik serta dalam menerapkan hubungan emosional tidak menganut senioritas. Artinya dalam proses belajar mengajar posisi antara mahasiswa dan dosen tidak merasa ada yang ‘ ‘lebih’ dan ‘kurang’ dalam hal keilmuan yang menjadi spesifikasinya. Namun ada pula tak sedikit dari kalangan mahasiswa ataupun dosen, masih terjadi tumpang tindih dalam hal birokrasi. Sebagai contoh: Dalam pembuatan silabus mata kuliah yang diajarkan oleh salah satu dosen, penulis masih menemukan ketimpangan program yang hendak diterapkan. Riil nya adalah indikator pembelajaran dari setiap materi yang disampaikan kurang terkoordinir secara jelas. Akibatnya banyak mahasiswa yang mengalami miss ketika berada didalam kelas. Dalam mata kuliah tertentu yang diajarkan oleh dosen turut pula ketidakpahaman akan pemetaan disiplin ilmu itu sendiri. Beranjak dari hal ini yang kemudian berdampak pada pencapaian prestasi mahasiswa.
2.         Bagaimana interaksi yang terjadi pada dosen di kampus saat proses belajar mengajar?
            Analisis:
Interaksi hanya terjadi dua hal, pertama adanya kontak sosial dan komunikasi. Demikian halnya dengan dosen di kampus saat proses belajar mengajar. Interaksi antara dosen dan mahasiswa sangat diperlukan guna mempererat ikatan antara pelaku akademis. Dalam perjalanannya, mempererat ikatan antara subyek pembelajar diperlukan komunikasi untuk menciptakan harmonisasi di lingkungan akademis. 
            Interaksi yang terjadi pada dosen di kampus universitas Pamulang Jurusan Sastra Inggris berlangsung cukup baik. Artinya belum dapat dikatakan sangat baik maupun baik. Mengapa demikian? Karena penulis menemukan masalah umum yang terjadi di Fakultas Sastra Inggris Univ. Pamulang, seperti: Sikap elit pada dosen tertentu yang berlatar belakang lulusan Dalam maupun Luar negeri yang terkesan memunculkan ‘ego akademis’. Artinya bahwa dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan masih belum menjalin komunikasi yang merujuk pada kebutuhan mahasiswa semata-mata. Namun lebih menonjolkan sistem yang diterapkan oleh pemangku yayasan.



3.         Bagaimana interaksi yang terbentuk pada mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus Universitas Pamulang?
            Analisis:
Interaksi antara mahasiswa dan dosen diperguruan tinggi seperti dua sisi yang tidak dapat dipisahkan. Artinya tanpa salah satu dari keduanya tidak bisa menjalankan perannya sebagai pelaku akademis.
            Penulis menemukan Interaksi yang terbentuk pada mahasiswa dan dosen di Universitas Pamulang, misalnya: Hanya sebatas pembelajar dan pengajar saja. Ini terjadi karena umumnya mahasiswa universitas Pamulang hanya mengikuti perkuliahan di kelas saja tanpa menyibukkan diri dalam unit kegiatan mahasiswa. Maka dipastikan interaksi antara dosen dan mahasiswa hanya dilakukan didalam kelas. Belum secara menyeluruh interaksi antara mahasiswa dan dosen dilakukan diluar kelas.
 4.        Bagaimana hubungan antara mahasiswa dan dosen dalam menciptakan suasana kondusif disiplin akademik di Universitas Pamulang?
            Analisis:
Dalam menciptakan suasana kondusif disiplin akademik, peran antara mahasiswa dan dosen adalah sebagai indikator pencapaian prestasi mahasiswa. Cakupannya meliputi program persiapan pembelajaran yang ditunjang oleh sarana dan prasarana pembelajaran, fasilitator pendukung proses belajar mengajar serta ketersediaan bahan ajar, menjadi dasar bagaimana membangun interaksi yang sehat dilingkungan akademis.
            Yang dimaksud dengan kondusif akademik adalah kondisi di lingkungan akademis yang mampu menciptakan sinergi antara program, serta pencapaian dalam pengaplikasian ilmu di lingkungan akademis sehingga menciptakan satu kekuatan dalam tujuan strategis pembelajaran. Yang penulis amati secara umum pada Fakultas Sastra jurusan sastra Inggris adalah masih berangsurnya proses kondusif yang dimulai dari kedisiplinan para dosen yang kerap tepat waktu dalam memulai pelajaran, penggantian mata kuliah yang rumpang ketika seorang dosen berhalangan hadir. Hal tersebut dari aktifnya pihak mahasiswa yang menginginkan adanya penggantian mata kuliah yang tidak dihadiri dosen serta penyampaian materi oleh para dosen yang memberi referensi maupun rujukan sumber bacaan, sebagai pelengkap informasi mata kuliah.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Komando Strategi Mahasiswa Merdeka (KOSTUM MERDEKA) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger